Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Kendaraan Lebih Besar Sering Disalahkan Saat Kecelakaan?

MENGKLIK IKLAN SAMA DENGAN SEDEKAH

 


Pasti kamu pernah mendengar berita saat ada sebuah kecelakaan antara kendaraan roda dua atau pejalan kaki dengan sebuah mobil ataupun truk, lalu mobil ataupun truk tersebut yang dianggap melakukan kesalahan atau penyebab kecelakaan, kan?

Kejadian seperti ini sudah banyak ditemui di jalan raya saat pengemudi kendaraan beroda empat atau lebih dianggap arogan. Kemudian, ketika terjadi kecelakaan, pengemudi motor atau pejalan kaki dengan massa yang lebih banyak akan menyalahkan kendaraan yang lebih besar (mobil).


Kurangnya bukti atau saksi di lokasi kecelakaan juga bisa menjadi penyebab kendaraan beroda empat atau lebih yang disalahkan, padahal tidak menutup kemungkinan pemotor atau pejalan kaki yang melakukan kesalahan.


Contoh kasus yang sering terjadi, jika sepeda motor bersenggolan dengan mobil, terkadang meskipun sepeda motor yang salah entah itu disengaja maupun tidak disengaja, paradigma masyarakat tetap akan mobil yang disalahkan.


Sebetulnya, masalah seperti ini sudah melekat di lingkungan masyarakat. Nah, menurutmu bagaimana caranya agar saat kecelakaan bisa terhindar dari menyalahkan salah satu pihak? Kasih opinimu di kolom komentar, ya!


Referensi


1. Ravel, Stanley. 2021. "Bukan zamannya lagi yang besar selalu salah di jalan raya". Diakses Melalui: https://otomotif,kompas,com/read/2017/06/19/162200515/bukan.zamannya.lagi.yang.besar.selalu.salah.di.jalan.raya pada 22/09/2021

2. Opini Pribadi

Source Gambar:

https://otomotif,kompas,com/read/2020/05/25/133200515/cara-mudah-hindari-kecelakaan-motor-di-jalan-raya